PERHATIAN!...Hati-hati terhadap penipuan. Hindari Lowongan Kerja yang meminta Anda Transfer Sejumlah uang | Jika menemukan bisa dipastikan hal tersebut adalah penipuan

Monday, July 13, 2015

Bank Pertama Milik Indonesia


Tahukah kamu bank pertama yang dimiliki oleh Republik Indonesia adalah bank apa? 

Jika jawaban kamu Bank Negara Indonesia (BNI) berarti kamu pintar. Memang benar, BNI adalah bank pertama yang dimiliki oleh negara Indonesia yang di dirikan tepatnya pada tanggal 5 juli 1946 setahun setelah kemerdekaan Indonesia, mungkin karena didirikan pada tahun 1946 maka logo BNI menggunakan angka 46 dan pertama kali dipimpin oleh Margono Djojohadikusumo. Lahir pada masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, BNI  sempat berfungsi sebagai bank sentral dan Bank umum sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) pengganti UU No.2/1946, Sebelum akhirnya beroperasi sebagai Bank komersial sejak tahun 1955. Pada tanggal 30 Oktober 1946 bank Negara Indonesia (BNI) menyetak dan mengedarkan Oeang republik Indonesia atau ORI sebagai alat pembayaran resmi pertama yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia.

(Logo BNI)
Menyusun penunjukan De Javache Bank yang merupakan Bank warisan dari pemerintah belanda sebagai bank sentral (1949). Pemerintah membatasi peran BNI sebagai bank sentral. BNI lalu ditetapkan sebagai bank pembangunan dan di berikan hak untuk berrtindak sebagai bank devisa (1950) dengan akses langsung untuk transaksi luar negeri. Dimana kantor cabang BNI pertama kali di luar negeri dirikan di negara Singapura (1955). (sumber: bni.co.id/tentangkami/sejarah)
 

Apa sih, layanan pertama yang di terbitkan BNI ?
Layanan pertama Bank Negara Indonesia adalah: Bank Terapung, Bank Bocah, Bank keliling, dan Bank Sarinah. 
  • Bank terapung adalah layanan yang di terbitkan oleh BNI dengan sasaran adalah masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah perairan seperti di kalimantan, kepulauan riau, dan daerah-daerah lain yang sulit di akses oleh transportasi darat.
  • Bank bocah adalah layanan yang dikeluarkan BNI dimana di khususkan bagi anak-anak dengan tujuan agar para anak-anak memiliki kebiasaan menabung sejak usia dini.
  • Bank Sarinah adalah layanan yang di khususkan untuk nasabah wanita dimana pegawainya juga adalah wanita semua. mungkin anda bisa betah berada disini :).
  • Bank Keliling adalah jasa layanan bank yang menggunakan mobil keliling sebagai upaya pro aktif untuk mengajarkan kemauan masyarakat untuk menabung.
Sejarah Logo BNI
  1. Pada kurun waktu tahun 1946-1988, BNI memiliki logo berbentuk bulat dengan warna emas pada huruf dan merah pada latarnya.dengan lingkaran berwarna emas pada bagian dalam latar dan memiliki angka 1946 berwarna emas juga. Melambangkan persatuan, keberanian, patriotisme yang merefleksikan BNI sebagai bank perjuangan.
  2. Logo kedua BNI di terbitkan pada tahun 1988-2004, pada logo kedua ini didominasi warna biru laut dan sedikit warna merah, memiliki gambar kapal yang sedang mengarungi ombak. artinya bahwa BNI sebagai Bank pemerintah yang siap memasuki pasar keuangan dunia. Dan gelombang mencerminkan gerak maju BNI yang dinamis sebagai bank komersial pertama yang berorientasi pada pasar.
  3. Pada logo ketiga sampai sekarang, diterbitkan pada tahun 2004-sekarang, dengan kotak berwarna oranye bertuliskan angka 46 berwarna putih di dalamnya. dan warna tulisan BNI berwarna biru tua.

logo BNI 1946-1988
logo BNI 1988-2004
logo BNI 2004-Sekarang
 
 
 

Wah ternyata BNI memiliki sejarah panjang dan sangat mempengaruhi sejarah bangsa Indonesia ya, jadi makin bangga nih dengan BNI.

Oke sekian dulu saya jabarkan mengenai bank pertama di Indonesia yaitu BNI, semoga artikel ini menambah wawasan kita mengenai BUMN dan Keuangan yang ada di Indonesia yang tercinta ini.

Untuk informasi tambahan kamu bisa langsung mengunjungi alamat webside Sejarah Bank BNI

AKHIR KATA: 
QUOTE BUMN BERPRESTASI BNI----> 
  1. Bank Pertama yang GO Public
  2. Bank Pertama Yang Dimiliki Pemerintah
  3. BNI Bagian Penting Sejarah Republik Indonesia
  4. Didukung Infrastruktur dan Retail yang handal dan kuat
  5. Bank Nasional yang Berkemampuan Global




No comments:

Post a Comment