PERHATIAN!...Hati-hati terhadap penipuan. Hindari Lowongan Kerja yang meminta Anda Transfer Sejumlah uang | Jika menemukan bisa dipastikan hal tersebut adalah penipuan

Monday, August 17, 2015

Sistem Keuangan Indonesia


Pada perinsipnya sistem keuangan adalah kumpulan pasar, institusi, peraturan-peraturan, dan Teknik-teknik dimana surat-surat berharga diperdagangkan, tingkat bunga di tentukan dan jasa-jasa keuangan di hasilkan dan ditawarkan keseluruh bagian dunia (Peter, S. Rose, 1997). 

 

Sedangkan sistem keuangan Indonesia adalah suatu sistem yang meliputi perbankan, pasar modal, asuransi, dana pension, multi finance, dan infrastruktur lainnya yang saling berinteraksi dalam mobilitas dana untuk investasi dan jasa keuangan termasuk sistem pembayaran, maka elemen-elemen sistem keuangan tidak bisa dipandang secara terpisah. sistem keuangan Indonesia biasanya selalu berinteraksi dengan sistem keuangan global. 


Tugas utamanya adalah mengalihkan dana (Lonable fund) dari penabung kepada peminjam untuk kemudian digunakan membeli barang dan jasa disamping untuk investasi sehingga ekonomi dapat tumbuh dan meningkatkan standar kehidupan.

 

Dalam perekonomian modern memiliki sekurang-kurangnya terdapat 7 fungsi pokok, yaitu:


  • fungsi tabungan

  • Penyimpanan kekayaan

  • Fungsi liquiditas

  • Fungsi kredit

  • Fungsi pembayaran

  • Fungsi risiko

  • Fungsi kebijakan

     

Sistem keuangan pada dasarnya adalah tatanan dalam perekonomian suatu Negara yang memiliki peran terutama dalam menyediakan fasilitas jasa-jasa di bidang keuangan oleh lembaga-lembaga keuangan dan lembaga-lembaga penunjang lainnya misalnya: pasar utang dan pasar modal. 

 

Sistem keuangan Indonesia

 

Bank Indonesia sadar bahwa sistem keuangan berkembang secara cepat dan sangat dinamis bukan saja pada struktur bangsa tetapi juga pada dimensi pelayanan jasa keuangan, inovasi produk baru sebagai dampak dari globalisasi dan revolusi teknologi informasi. Oleh karena itu harus di dukung pada upaya-upaya perbaikan secara berkelanjutan terhadap kualitas regulasi dan suvervisi, kualitas produk-produk sistem keuangan, sistem keuangan itu sendiri. Kelembagaan dan infrastruktur lain seperti prinsip-prinsip, seperti perpajakan, kebijakan moneter, ratio, agency, dan lain-lain serta yang paling penting yaitu kualitas dan integritas sumber daya Indonesia. 

Sumber: (Wiji, N. 2011:1-2) 

 

Demikian postingan kali ini mengenai  Sistem Keuangan Indonesia, Semoga bermanfaat untuk kalian.


No comments:

Post a Comment